ELEKTRONIK MALL
(E-MALL)
E-mall merupakan sebuah layanan yang memudahkan konsumen dan pelanggan untuk berbelanja dan melihat produk-produk yang mereka jual secara online. Para konsumen dan pelanggan akan dimanjakan dalam melakukan pesanan dan pembelian secara elektronik melalui jaringan internet yang dapat di akses dimanapun, kapanpun, dan apapun yang mereka butuhkan. Seperti halnya mall secara fisik, e-mall juga menawarkan produk dan layanan mereka seeakan-akan kita berada pada tempat mall tersebut. Di dalam e-mall terdapat penjual secara virtual yang dapat melayani seorang pelanggan atau lebih dan dengan mudah melakukan proses tawar menawar juga melalui jaringan internet (biasanya melalui Yahoo Messenger).
Tipe Toko/Mall
1. Toko / Mall Umum (E-Mall General)
Toko /Mall umum (E-Mall General) mempunyai market yang luas bila dilihat dari barang atau produk yang dijual. E-mall General adalah marketspace yang besar yang menjual semua tipe produk. Jadi, portal ini mempunyai beberapa produk yang dijual atau ditawarkan kepada pelanggan.Sebagai contoh amazon.com, choicemall.com, ebay.com dan portal publik yang besar seperti yahoo.com, aol.com, dan lain-lain.
2. Toko / Mall Spesial (E-Mall Specialized)
Toko ini hanya menjual satu sampai dua tipe produk, seperti buku,bunga.anggur, mobil, atau hewan. Toko ini mempunyai barang yang lebih spesifik dan lebih terkonsentrasi ke barang atau produk tertentu. Sehingga toko atau mall spesial ini mempunyai segmen pasar tertentu dan sempit dibandingkan dengan e-mall general. Walapun tidak sebesar e-mall general, tetapi e-mall specialized kadang-kang menjadi suatu batu loncatan bagi para penjual atau virtual sebelum menjadi e-mall general.
3. Regional vs Toko Global
Dalam hal ini, penjual virtual hanya menjual dan melayani daerah atau regional mereka sendiri. Dalam arti mereka tidak mengglobal seperti yang lain. Mereka mempunyai pangsa pasar yang lebih terkonsentrasi ke lingkungan regional mereka sendiri.
E-MALL GENERAL
Salah satu dari e-mall general adalah Amazon.com.
BooksMagazines |
Movies, Music & Games |
Digital Downloads |
Sports & Outdoors |
Apparel, Shoes & Jewelry |
Grocery, Health & Beauty |
Kindle |
Computers & Office |
Electronics |
Home & Garden Sewing, Craft & Hobby |
Tools, Auto & Industrial |
Toys, Kids & Baby |
Kolom di atas merupakan barang atau produk yang dijual oleh Amazon.com. Terlihat bahwa terdapat banyak produk yang mereka tawarkan kepada pelanggan mereka secara virtual. Sebelumnya Amazon.com adalah portal yang hanya menjual buku saja. Tetapi dengan berkembangnya waktu, Amazon.com dapat berkembang besar. Sekarang Amazon.com berkembang menjadi E-Mall General dimana sebelumnya merupakan kelompok E-Mall Specialized. Barang yang ditawarkan sangatlah banyak dan terlihat kompleks. Tetapi Amazon.com dengan baik melakukan klasifikasi barang-barang yang mereka jual kepada beberapa kelompok kebutuhan untuk menyederhanakan kelompok barang yang mereka jual.
Website yang simple dan mudah dioperasikan ternyata telah diadopsi oleh Amazon.com. Konten-konten yang mereka usung di web mereka tampak minimalis dan terkesan sederhana, akan tetapi dengan informasi yang mudah dicerna, tidak heran Amazon.com bisa berkembang dengan pesat. Selain itu, Pada E-mall seperti Amazon.com selalu memberikan pelayanan terbaiknya kepada pelanggan mereka.Selain itu Amazon.com mempunyai beberapa criteria. Yaitu:
· Pada website ini tidak mernggunakan sistem lelang, penjual hanya menawarkan harga yang telah ditetapkan sebelumnya, dan banyak dari barang-barang tersebut memiliki harga yang jauh dibawah seperti harga pada umumnya.
· Pada amazon, pihak pembeli dimudahkan dalam hal pemilihan produk, mulai dari tingkatan produk melalui tingkat keahlian (misal: beginner, pro) ataupun pengelompokan produk berdasarkan harga.
· Layanan Amazon.com juga telah melakukan kerja sama langsung dengan produsen seperti Lacoste, Toy’s R Us, Target, Marks & Spencer dll. Sehingga untuk produk-produk merk tersebut tersedia keterangan secara lengkap.
· Ketika seorang calon pembeli melihat detail suatu produk maka secara otomatis pada bagian bawah akan tertera beberapa produk lain yang berkaitan dengan produk utama, sehingga rekomendasi semacam ini tentunya sangat membantu.
· Pada amazon system pembayaran dapat dilakukan dengan menggunakan credit card dan paypal yang notabene perusahaan akuisisi Ebay
Selain Amazon.com, E-Mall yang lumayan terkenal adalah ebay.com. Ebay.com juga menawarkan banyak barang kepada konsumen mereka, tetapi berbeda dengan Amazon.com, E-bay tidak melakukan klasifikasi secara detail seperti yang dilakukan Amazon.com.
Dari table konten di atas, terlihat bahwa barang yang dijual tidak terklasifikasi dengan baik. Dalam E-Mall ini dapat memperlambat arus penjualan. Hal ini terjadi dikarenakan bahwa kebanyakan konsumen atau pelanggan menginginkan kenyamanan dan kemudahan transaksi.
· Ebay menawarkan 2 sistem penawaran :
1. Auction-style listings : Memperbolehkan penjual menawarkan satu atau lebih barang untuk dijual dalam tenggat hari yang ditentukan. Hal ini sama artinya dengan lelang konvensional namun penentuan pemenang ialah penawar yang dapat bertahan samapi tenggat waktu habis.
2. Fixed Price format : Memperbolehkan penjual menawarkan satu atau lebih barang untuk dijual pada harga Buy It Now. Pembeli yang setuju membayar harga tersebut akan memenangkan lelang tanpa melakukan tawaran.
· Bagi setiap pelanggan dipersilahkan untuk menanyakan mengenai kondisi dari produk yang ditawarkan sebagai bahan referensi. Dengan demikian dapat mengurangi kekecewaan ketika menerima produk yang dibeli.
· Kita (calon pembeli) dapat mengetahui keterangan mengenai identitas penjual serta reputasi selama keterlibatannya dalam transaksi di Ebay. Dengan demikian kekhawatiran pembeli dapat berkurang. Rating reputasi yang dimiliki oleh masing-masing penjual berdasarkan feedback yang kita berikan.
· Sehingga berdasarkan poin diatas kita juga dapat mengakses keterangan mengenain produk lain yang ditawarkan penjual yang sama.
· Ebay menawarkan pembayaran melalui paypal yang merupakan “bank digital” yang dapat memfasilitasi transaksi antar pengguna. Dengan fasilitas ini pengguna diberi jaminan keamanan dalam bertransaksi.
Tidak heran bawa pamor Amazon.com lebih tinggi dibandingkan Ebay.com.
E-MALL SPECIALIZED
Pada E-mall specialized akan berbicara mengenai toko atau mall dengan spesialisasi produk yang ditawarkan kepada konsumen. Jadi, barang yang ditawarkan lebih sempit dibandingkan E-mall general.
Contoh e-mall specialized adalah fastncheap.com.
Dalam fastncheap.com, disana menawarkan produk yang berkaitan dengan peralatan komputer, baik komputer desktop maupun notebook. Selain itu juga menawarkan beberapa peralatan penunjang untuk memaksimalkan performa kerja dengan menggunakan komputer mereka. Secara Desain web memang terasa agak glamor, tetapi hal itu dapat mempercantik tampilan web mereka. Yang harus mereka perhatikan adalah mengenai bahasa yang digunakan. Bahasa yang digunakan adalah campur antara bahasa Indonesia dan bahasa inggris. Hal ini dipandang tidak begitu menarik bila dirasakan. Sebaiknya, bahasa yang digunakan pada web mereka ada menu dual language (bahasa ganda) yang dapat dipilih oleh pelanggan atau konsumen mereka. Hal tersebut dinilai lebih efektif dan efisien. Dibawah ini adalah contoh konten dan chart yang ditawarkan:
Specials and Hot Deals
LINKSYS WPC300N WIRELESS-N MIMO…
The Wireless-N Notebook Adapter is the simple way to add or upgrade…
Rp. 275.000
SUPER CANTENNA 12DBI WIRELESS…
EXTEND YOUR REACH! Constructed of weather resistant metal, this…
Rp. 590.000
BUFFALO WIRELESS-G MIMO PERFORMANCE…
The Wireless-G MIMO Performance* Router & Access Point combines…
Rp. 790.000
BUFFALO MINISTATION 500GB PORTABLE…
Buffalo’s MiniStation TurboUSB Portable Hard Drive HD-PF series…
Rp. 1.900.000
BUFFALO MINISTATION 320GB PORTABLE…
Buffalo’s MiniStation TurboUSB Portable Hard Drive HD-PF series…
Rp. 1.190.000
BELKIN 54MBPS 802.11G WIRELESS…
Share and extend your wireless Broadband Internet Access on a fast…
Rp. 800.000
Sehingga mereka harus memperhitungkan nilai ergonomis dari web mereka untuk menarik konsumen atau pelanggan mereka.
KESIMPULAN
· E-mall general lebih luas cakupan dan jenis produk yang mereka tawarkan.
· E-mall specialized mempunyai jenis produk yang lebih terkonsentrasi dibandingkan E-mall General.
· Suatu alamat web untuk pertamanya mungkin lebih terklasifikasi pada E-mall specialized dibandingkan E-mall General. Tetapi bisa berkembang menjadi E-mall General.
· Dari bentuk E-mall baik yang general (umum) atau yang specialized (spesial) harus terlebih dahulu memperhitngkan nilai dan tingkat ergonomis dan desain yang mereka tayangkan pada tampilan awal web mereka. Karena akan bisa meningkatkan kenyamanan pengguna.